Minggu, 02 Oktober 2016

Pada waktu Kapan pengungsi yang sedang berpaling di perbatasan seluruh dunia, tampaknya bahwa ada banyak belajar dari Albania kegemaran untuk perhotelan.

"Ada kamp-kamp pengungsi set up untuk Kosovars seluruh negeri. Albania keluarga akan pergi ke sebuah kamp, menemukan keluarga dan kemudian membawa mereka pulang. Ini tidak keluarga atau teman, mereka orang asing, tetapi orang Albanian akan membawa mereka, memberi mereka makan, memakaikan mereka, memperlakukan mereka seolah-olah mereka adalah bagian dari keluarga."

Perawatan macchiato di sebuah kafe kecil di kota terkenal Berat, Albania 1,001 Windows, aku mendengarkan karena Nevila Muka ingat efek perang Kosovo telah di negara asalnya. Lolos dari kematian dan kehancuran yang dibawa oleh kekuatan militer yang Serbia pada 1990-an, lebih dari 500.000 pengungsi, kebanyakan etnis orang Albanian, melarikan diri dari Kosovo untuk mencari perlindungan di Albania selama hanya dua tahun. Aku cepat belajar bahwa Muka tidak hanya mengamati eksodus massal dari kejauhan.

"Nenek saya benar-benar mengambil dalam keluarga. Aku masih muda, jadi aku ingat bermain dengan anak-anak mereka banyak. Aku ingat mereka benar-benar baik bakers, mereka membuat roti terbaik yang pernah saya Cicipi."
Ini adalah cara Albania. It's besa.
"Tidak yang pernah mendapatkan sulit?" Saya bertanya.
"Tidak benar-benar bagi kita, kita yang baik-baik saja. Tetapi bagi banyak keluarga itu adalah perjuangan, banyak dari mereka tidak memiliki uang untuk mendukung Kosovars. Banyak orang masuk ke utang yang melakukan hal itu, tetapi mereka akan tidak pernah berpaling siapapun."
Ketika aku bertanya kepadanya mengapa, ia mengangkat bahu.
"Ini adalah cara Albania. It's besa."

Aku pernah mendengar kata besa sebelum, dan tahu bahwa itu berarti sesuatu yang mirip dengan keyakinan, kepercayaan atau iman, tapi aku belum pernah mendengar dalam konteks ini sebelum. Muka menjelaskan bahwa hal itu seperti sebuah kode untuk orang Albanian, salah satu yang mendikte mereka ramah. Jika seseorang datang kepada Anda mencari bantuan, Anda memberi mereka tempat untuk menginap. Ini yang sederhana.

Setelah diskusi kita, saya terpesona oleh konsep besa dan ingin belajar lebih banyak, jadi saya menghubungi Orgest Beqiri, Albania mahasiswa dan ahli sejarah yang saya temui selama waktu saya di negara. Aku tahu bahwa jika orang tahu lebih detail tentang besa, akan dia.

Ketika kami bertemu, ia menjelaskan bahwa tradisi yang telah diwariskan turun selama berabad-abad sebagai bagian dari hukum Kanun Lekë Dukagjini, satu set hukum adat yang dibuat pada abad ke-15 untuk memerintah suku-suku Utara Albania. Meskipun hukum Kanun ini sering dianggap sebagai sumber asli dari besa, banyak berpendapat bahwa tradisi sebenarnya bahkan lebih tua dan bahwa hukum Kanun hanya meletakkan kata-kata kepada tradisi suku yang sudah ada jauh sebelum.

"Ada pepatah lama yang tertulis dalam hukum Kanun," katanya. "'Shpija para se saya qenë e Shqiptarit, asht e Zotit dhe e mikut', yang berarti 'Sebelum rumah milik pemilik, itu pertama milik Allah dan tamu.' Ini adalah tradisi yang kuat, dan di masa lalu, jika Anda seorang musafir atau mencari perlindungan, Anda dapat mengetuk pintu rumah pertama Anda menemukan dan meminta ' kepala rumah, Apakah Anda ingin tamu?' dan pemilik harus membawa Anda dalam. Hukum Kanun mengatakan bahwa tuan rumah harus selalu memiliki tempat tidur cadangan yang siap setiap saat, siang atau malam, dalam hal tamu tiba tiba-tiba."
"Jadi itu sebuah kewajiban, kemudian?" Aku bertanya padanya. "Bahkan jika Anda tidak ingin menjadi tuan rumah seseorang, Anda terikat oleh besa melakukannya?"
"Tidak tepat. Ya itu adalah tugas, tapi jujur kebanyakan orang Albanian benar-benar menikmati hosting tamu. Itu adalah titik kebanggaan bagi mereka. Bahkan, ada sebuah cerita lama tentang sebuah kota di utara di suatu tempat yang memberontak ketika hotel akan dibina di situ. Semua orang pergi ke Balai kota dan mengeluh, mengatakan orang-orang yang membutuhkan tempat untuk menginap bisa datang dan mengetuk pintu mereka."

Meskipun beberapa aspek yang lebih kaku dari besa telah kehilangan mereka terus selama berjalannya waktu, pengertian ini umum tugas dan perhotelan telah bertahan dalam orang Albania. Meskipun perang Kosovo pasti krisis terbesar yang negara telah pernah harus berurusan dengan, itu bukan yang pertama atau terakhir.
Sedikit dikenal sebagian, Albania adalah salah satu dari beberapa negara-negara Eropa untuk muncul dengan populasi Yahudi lebih besar pada akhir Perang Dunia II daripada di awal, menyimpan hampir semua orang Yahudi yang asli sambil menawarkan perlindungan kepada lebih dari 2.000 orang lain dari negara-negara. Meskipun terdapat tekanan dari fasis Italia dan tentara pendudukan Nazi,